Apakah All New Yamaha Xabre menggunakan mesin 155c VVA atau disuntik mati?

Dear bro and sis sekalian.. Beberapa waktu yang lalu, jagat otomotif dibuat heboh dengan peluncuran All New Yamaha YZF R15 VVA dan All New Yamaha Vixion R yang memiliki desain elegan dan power on cranck diatas 19 PS. Khususnya All New R15 VVA, peluncuran motor tersebut diterima sangat baik dipasaran, bahkan cukup 'disegani' dikelas sport 150cc. Bagaimana tidak, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merombak Yamaha R15 dan Yamaha Vixion dengan mengadopsi desain, fitur, dan speedometer terbaru. Selain itu, disegi performa juga ditingkatkan.


Apakah All New Yamaha Xabre menggunakan mesin 155c VVA atau disuntik mati?
Yamaha Xabre 2016 dari metrotvnews.com
Nah, yang menarik untuk diperbincangkan adalah, bagaimana nasib Yamaha Xabre yang kurang laku dipasaran beberapa bulan terakhir. Padahal, Yamaha Xabre mengusung desain yang gahar dan tampak berwibawa dengan hadirnya suspensi up side down dan swing arm model banana. Apakah Yamaha Xabre baru mengusung mesin 155cc VVA atau disuntik mati?

Namun, menurut analisa saya mengapa motor tersebut kurang laku dipasaran adalah banyaknya masyarakat tidak mengetahui keberadaan motor tersebut. Hal itu mungkin dikarenakan kurangnya promosi oleh pihak YIMM terkait motor tersebut. Selain itu, harga yang kisaran Rp. 30 Juta dan tenaga serta torsi dibawah Yamaha Vixion Advance juga bisa menjadi alasan mengapa motor tersebut kurang laku dipasaran.

Bahkan pada beberapa kasus yang pernah saya baca, banyak yang mengira kalau Yamaha Xabre adalah motor naked 250cc. Karena bentuknya yang terlihat besar dan mesin yang nampak padat, masyarakat dari berbagai profesi seperti tukang cuci motor menetapkan tarif motor 250cc untuk motor tersebut. Selain itu, petugas perpajakan atau apalah yang berhubungan dengan STNK juga kesalahan dalam menulis nominal pajak motor serta volume silinder pada Yamaha Xabre.

Well, untuk varian motor manual 4 klepnya, Yamaha mempunyai 2 tugas yang harus diselesaikan, yaitu melakukan refreshment untuk Yamaha Jupiter MX King dan Yamaha Xabre. Mengingat saudara kedua motor tersebut, R15 dan Vixion sudah 'disegarkan' dan Yamaha tidak perlu meriset mesin besar-besaran, karena YIMM sudah memiliki konfigurasi mesin untuk motor manual 150cc mereka. 155cc, 6 percepatan, sohc, nearsquare, 4 klep, vva, assist dan slipper clutch. Itulah konfigurasi mesin dan teknologi yang digunakan oleh Yamaha R15 VVA dan Yamaha Vixion R.

Melihat spesifikasi All New Yamaha R15 dan All New Yamaha Vixion R, membuat Yamaha Xabre menjadi lebih 'inferior'. Padahal, kodrat Yamaha Xabre berada ditengah-tengah antara Yamaha Vixion dan Yamaha R15. Jika pihak YIMM merombak Yamaha Xabre, harusnya motor tersebut memiliki torsi terbesar dibanding saudaranya, karena sangat cocok untuk genre naked street fighter. Jika YIMM memiliki rencana untuk meluncurkan Yamaha Xabre terbaru, kemungkinan akan hadir pada awal tahun 2018. Atau mungkin YIMM akan 'menyuntik mati' Yamaha Xabre karena sudah dianggap tidak mampu menambah profit perusahaan.

Melihat pernyataan diatas, petinggi YIMM M. Abidin sebagai GM After Sales Division PT YIMM menjawab pertanyaan yang dilontarkan mas Iwan Banaran terkait Yamaha Xabre. 
"Yah…itu tinggal masalah waktu. Ahhh…mz Iwan juga udah tahu dan lebih tahu. ….”, ucapnya.


EmoticonEmoticon