Ini kelebihan dan kekurangan Velg Racing dan Jari-jari yang perlu kamu ketahui

Motor tanpa velg bagaikan kuda tanpa kaki. Hal itulah mengapa anda tidak boleh memilih velg sembarangan. Belakangan ini mulai ngetren aliran modifikasi motor sport dengan velg jari-jari yang terlihat cukup unik. Meskipun sekedar modifikasi, anda perlu memilih merek atau jenis velg yang sesuai dengan kendaraan dan kondisi medan yang dilalui. Selain terlihat cukup unik, banyak kelebihan dan kekurangan menggunakan velg jari-jari/ruji dan velg racing atau cast wheel.


kelebihan dan kekurangan Velg Racing dan Jari-jari
dari motorsiana.com
Untuk sebagian pengguna sepeda motor lebih memilih menggunakan velg racing karena mempunyai tampilan sporty atau memang ingin standar dari pabrikan karena hampir semua motor baru menggunakan velg jenis ini. Namun tidak jarang ada yang mengganti velg bawaan pabrik yang berjenis casting wheel diganti dengan velg ruji dengan berbagai alasan.

Perlu anda ketahui, tidak hanya tampian saja yang membedakan kedua jenis velg tersebut. Masih ada berbagai kelebihan dan kekurang velg racing dan jari-jari. Dan inilah kelebihan dan kekurangan antara velg racing dan velg jari-jari.

Kelebihan Velg Racing

Lebih Sporty dan Modis
Tidak heran mengapa jenis velg tersebut kerap digunakan dimotor sport fairing. Karena motor genre tersebut sangat mengutamakan tampilan dan performa. Terlihat tidak lazim jika motor sport fairing menggunakan velg jenis ini. Untuk sport naked dengan velg ruji masih cukup sering saya temui. Selain itu, velg racing mempunyai beragam bentuk dan warna yang bisa menambah estetika motor.

Mudah dibersihkan
Untuk membersihkan velg ini tidaklah terlalu rumit. Karena memiliki bentuk yang sederhana dan tidak banyak celah antar batang velg, membuat velg racing sangat mudah untuk dicuci. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir berkarat karena anda tidak malas untuk membersihkan velg karena sangat mudah.

Stabil ditikungan
Alasan mengapa sport fairing 400cc sampai 1000cc menggunakan velg jenis ini karena sangat cocok digunakan untuk cornering. Itulah mengapa semua motor diajang motogp atau wsbk menggunakan velg jenis ini karena pada ajang tersebut tidak seperti drag race yang hanya trek lurus, melainkan motor juga dituntut untuk melahap tikungan dengan baik. Selain karena velg racing, untuk melahap tikungan juga didukung oleh ban gambot, suspensi up side down, dan teknologi lainnya.

Cocok untuk ban tubeless
Motor keluaran baru pada umumnya menggunakan ban tubeless. Ban tubeless tidak disertai ban dalam. Oleh karena itu, velg jenis ini bisa digunakan untuk tubeless karena tidak memiliki banyak rongga udara seperti velg jari-jari.


Kelemahan Velg Racing

Jika kita melihat motor trail, velg yang digunakan adalah velg jari-jari. Hal ini dikarenakan motor tersebut cocok digunakan dimedan ekstrim. Oleh karena itulah, penggunaan velg racing tidak direkomendasikan karena tidak cocok dimedan ekstrim dan tidak mampu meredam getaran dengan baik. Jika salah satu batang velg patah, anda perlu membeli baru lagi dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah. 

Setelah membahas tentang kelebihan dan kekurangan velg racing, saya akan membahas tentang keunggulan dan kelemahannya velg ruji.

Kelebihan Velg Jari-Jari

Lebih ringan 
Jika kita menyaksikan ajang drag race, velg yang digunakannya adalah velg jari-jari. Penggunaan velg ini membuat tarikan dan akselerasi motor lebih baik karena mempunyai berat yang lebih ringan daripada velg racing. Kemampuan motor drag race saat berakselerasi juga didukung dengan bore up mesin, pengurangan bobot motor serta penggunaan ban kecil. INGAT!!!! Motor protol dan ban kecil sangat tidak direkomendasikan digunakan dijalan raya karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain!!!!

Lebih kuat dan mampu meredam getaran lebih baik daripada velg racing
Seperti yang telah saya singgung pada pernyataan diatas, motor trail pada umumnya menggunakan velg jari-jari karena lebih kokoh dan bisa meredam getaran saat medan ekstrim. Penggunaan velg jari-jari juga sangat direkomendasikan jika daerah anda banyak jalan berlubang. Karena jika salah satu ruji velg ini patah, masih bisa ditopang oleh batang/ruji lainnya serta anda tidak perlu membeli satu set velg. Cukup mengganti batang yang patah atau cukup menyetel ulang ruji yang patah.

Lebih murah
Karena bahan dasar yang lebih mudah dijumpai daripada velg racing, membuat harga velg ini cukup murah. Hal itu juga merupakan salah satu alasan mengapa banyak yang memilih menggunakan velg jari-jari bahkan untuk motor sport sekalipun.


Kelemahan Velg Jari-Jari

Maraknya ban tubeless membuat velg ini tidak mudah diaplikasikan untuk motor modern tanpa menutup celah pada ruji velg. Selain itu, dengan desain yang banyak rujinya membuat velg jenis ini relatif susah untuk dicuci. Jika tidak rajin mencucinya, velg berpotensi berkarat. Semua prototype motogp modern juga tidak ada yang menggunakan velg jari-jari karena tidak stabil untuk cornering dikecepatan tinggi.






EmoticonEmoticon