Jangan sembarangan menggunakan lampu jauh karena bisa berakibat fatal

Adanya lampu pada kendaraan bermotor memang sangat berguna. Coba bayangkan apa yang terjadi jika hampir semua kendaraan bermotor beroperasi tanpa adanya lampu. Yah, selain berfungsi sebagai penerangan lampu pada kendaraan bermotor juga berfungsi untuk menandakan bahwa kendaraan kita itu 'ada'. Bahasa gampangnya, untuk memperjelas penglihatan kita ke kendaraan lain.


Penggunaan lampu jauh atau DIM yang benar
Headlamp CBR250RR by pertamax7.com
Terutama pada malam hari, fungsi lampu sangatlah penting. Nah, pada saat berkendara dimalam hari kita harus 'pintar' menggunakan mode lampu. Pada malam hari, sebagian dari kita sering merasa silau di spion atau jika berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan yang menggunakan lampu jauh. Bagaimana tidak, arah lampu dim tidak seperti lampu biasa alias langsung menyorot kedepan. Cahaya tersebut bisa 'memudar' dikaca helm, spion, atau kaca mobil yang bisa menghalangi penglihatan pengemudi.

Pada umumnya, sebagian besar dari mereka, menganggap lampu jauh/dim berfungsi untuk berkendara pada malam hari terutama di keramaian, karena mereka menganggap pada saat keramaian atau dijalan raya, butuh pencahayaan ekstra.  Namun, penggunaan lampu yang salah kaprah tersebut sangat membahayakan orang lain karena penglihatan yang terhalangi. 

Coba bayangkan kalau didepan ada lubang terus anda dengan enaknya menggunakan lampu jauh. Maukah anda bertanggung jawab atas kejadian laka lantas karena kesalahan anda dalam menggunakan lampu pada kendaraan bermotor? Pada umumnya, mereka yang tidak mengetahui penggunaan lampu jauh adalah mereka yang dibawa umur, belum mempunyai SIM, atau yang baru bisa bawa motor.

Penggunaan lampu jauh sembarang juga sangat berdampak negatif pada penderita mata silinder (astigmatisme), akan terasa sangat menyilaukan. Penderita mata silinder akan terganggu penglihatannya jika berhadapan dengan cahaya terang yang langsung menyorot ke mata. Pada kasus tertentu, penderita penyakit mata silinder akan tertutup seluruh penglihatannya bahkan jika menderita silinder parah, jika berhadapan dengan cahaya terang akan terasa gelap total.

Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan mode lampu pada kendaraan bermotor.
Pada saat anda berkendara dimalam hari di jalanan ramai, penggunaan lampu dekat sudah lebih dari cukup karena jalan raya umunya telah dilengkapi penerangan ditrotoar atau pinggir jalan. Lalu jika tidak boleh digunakan sembarangan, lalu apa fungsi lampu jauh?

Lampu Jauh hanya boleh digunakan pada malam hari ditempat yang sepi dengan pencahayan yang sangat minim. Dijalanan sawah misalnya. Karena kita bisa melihat dengan jelas ada apa didepan, seperti lubang, ular, atau bahkan amit-amit ada begal.

Jika memang lampu pada motor tidak bisa menyala hanya dengan lampu dekat alias harus menggunakan lampu jauh agar bisa menyala, anda harus segara menyervis kendaraan anda ke bengkel terdekat. Dan jangan lupa untuk selalu tertib berkendara agar bisa mengurangi angka kecelakaan di Indonesia.

Melihat pernyataan diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak semua orang memahami penggunaan lampu jauh. Oleh karena itu, sosialisasi dari pihak berwenang sangatlah penting.


EmoticonEmoticon