Benarkah Kawasaki akan meluncurkan Ninja 250 4 silinder?

Desas desus munculnya motor sport Kawasaki Ninja 250 4 silinder semakin tenar belakang ini. Hal itu mungkin dikarenakan, Kawasaki Ninja 250 yang identik dengan mesin 2 silinder akan 'bertransformasi' menjadi Kawasaki Ninja 250 4 silinder. Dengan penambahan jumlah silinder, otomatis tenaga yang dikeluarkan motor tersebut akan semakin besar dan tidak menutup kemungkinan tenaganya akan melebihi Kawasaki Ninja 300 yang beredar di Eropa. Suara mesin 4 silinder yang enak didengar lah yang membuat para pecinta otomotif penasaran dengan Ninja 250 4 silinder.


Benarkah Kawasaki akan meluncurkan Ninja 250 4 silinder?
Kawasaki Ninja ZX10R / gambar dari revzilla.com
Bagaimana tidak, motor Kawasaki Ninja baik 2 tak RR Mono, atau 250 dua silinder merupakan salah satu motor dengan peminat yang sangat banyak dan cukup populer diberbagai kalangan. Tujuan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Ninja 250 4 Silinder tidak lain tidak bukan adalah untuk 'menekuk' Honda dengan CBR250RRnya dan Yamaha dengan YZF R25. Untuk saat ini, tenaga Kawasaki Ninja 250 Fi merupakan yang paling 'mungil' daripada Yamaha YZF R25 dan Honda CBR250RR yang baru diperkenalkan akhir tahun lalu.

Dengan 4 silinder, suara motor akan berubah menjadi lebih 'merdu' dan khas Moge 600 atau 1000 4 silinder. Selain itu, muntahan tenaga juga akan bertambah. Jika PT KMI benar-benar berniat meluncurkan motor tersebut, muntahan tenaga kemungkinan akan melebihi 50 Hp. Selain tenaga yang bertambah, berat, limit rpm, ukuran dan harga motorpun juga ikut meningkat. Namun, semakin banyak silinder, torsi yang dihasilkan akan lebih kecil daripada motor dengan volume silinder yang sama namun jumlah silinder yang lebih sedikit.

Kita bisa mengambil contoh KTM Duke 250 dengan 1 silinder, motor ini mampu menghasilkan torsi sekitar 24 Nm. Yamaha R25 dengan dua silinder mempunyai torsi 22,6 Nm. Dengan bertambahnya tenaga dan menurunnya torsi, membuat motor memiliki top speed & akselerasi diputaran atas yang mantap, namun sedikit 'loyo' diputaran bawah.

Saat ditanyai tentang pembaruan Ninja 250, Deputy Head Sales and Promotions KMI, Michael C. Tanadhi tidak ingin membocorkan informasi. Begitu juga saat ditanya soal munculnya kabar Kawasaki Ninja 250 dengan mesin 4 silinder.

"Masih rahasia. Belum tahu kapan," kata Michael.

Sedangkan menurut Kazuya Ikebuchi yang menjabat sebagai General Manager Marketing Division PT KMI saat dimintai keterangan seputar Ninja 250 4 silinder tersebut juga tidak mau memberikan keterangan lebih lanjut. Menurutnya, kabar itu tidak benar.

“No comment, itu tidak benar,” ucap Ikebuchi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Sucipto Wijono sebagai Line Head Research Development & Design Marketing Division KMI membeberkan, munculnya Ninja 250 4 silinder tersebut sudah direncanakan sejak sebelum munculnya Kawasaki Ninja 250 Fi di Indonesia. Saat itu masih sebatas rencana.

“Memang rencananya sejak Ninja 250 injeksi,” ucap Cipto.

Jika PT KMI benar-benar berniat untuk meluncurkan ninja 250 4 silinder, pabrikan lain seperti Honda dan Yamaha kemungkinan juga akan terdorong untuk menciptakan motor seperempat liter dengan 4 silinder. Selain itu, aspal Indonesia juga bisa menjadi aspal pertama yang akan dilalui Ninja 250 bermesin 4 silinder injeksi.


EmoticonEmoticon