Meningkatkan performa motor tanpa oprek mesin dengan penerapan RAM Air Intake

Dear kanjeng pembaca sekalian...
Saya yakin, sebagian besar sobat yang membaca artikel ini sering nonton gelaran MotoGP. Nah, dimotor MotoGP tesebut, terdapat sebuah lubang yang berada diatas spakbor depan. Sistem Itulah yang membuat tenaga motor semakin 'liar'.  Well, sistem tersebut biasa disebut dengan RAM Air Intake. Penerapan RAM Air Intake juga tidak hanya digunakan di prototype MotoGP. RAM Air Intake ternyata juga digunakan di moge seperti Yamaha YZF R6, YZF R1, Honda CBR1000RR, Kawasaki ZX10R dan juga digunakan oleh kendaraan roda empat berperforma tinggi seperti prototype F1.


Meningkatkan performa motor tanpa oprek mesin dengan penerapan RAM Air Intake
Nampak air scoop pada Yamaha YZF R1M
Selain itu, sistem RAM Air Intake juga digunakan di motor sport 150cc dan 250cc. All New Yamaha R15 misalnya, dan Honda CBR250RR yang memiliki 'lubang tersembunyi' yang merupakan 'dewa' dikelas sport 250cc dua silinder di tanah air, karena Honda CBR250RR memiliki muntahan power terbesar diantara Yamaha YZF R25 dan Kawasaki Ninja 250 Fi. 

RAM Air Intake atau RAM Air Scoop bekerja dengan cara meningkatkan pasokan jumlah udara yang masuk ke ruang silinder (peningkatan Volumetric Efficiency) pada kecepatan dan putaran mesin tertentu. Sistem ini memiliki bentuk dan kontruksi yang berbeda setiap pabrikan.


Prinsip kerjanya seperti pada gambar berikut ini


Mekanisme kerja RAM Air Scoop dari motogokil.com

Untuk sistem pengkabutan yang masih karburator, tinggal disesuaikan. Untuk injeksi, pengapian dan sistem injeksi harus diseting ulang.

Pemilik akun Facebook yang bernama Senda Ponda juga mengaplikasikan sistem ini dimotor Honda CB150R K15. Namun, mekanisme kerjanya lebih sederhana. Bisa lihat gambar berikut


Disitu terlihat sebuah slang bekas mesin cuci dari box filter udara yang langsung diarahkan dan diselipkan bagian shroud motor. Cukup kreatif dan harga yang terjangkau.
Meskipun terkesan sederhana, tarikan motor menjadi lebih enteng serta lebih irit bahan bakar, karena udara langsung menuju box filter dan disaring oleh filter udara. Sangat tidak direkomendasikan untuk melepas filter udara, karena akan berdampak pada kotornya injekor dan membuat usia motor lebih pendek.

Penerapam RAM Air Intake juga tak luput dari efek samping, namun tidak terlalu mengerikan. Hanya saja, interval penggantian filer udara lebih tinggi, karena langsung terpapar debu saat motor melaju kencang. Yang biasanya diganti tiap 10.000Km, penerapan sistem ini mungkin membuat filter udara harus diganti tiap 5000Km.

Tidak hanya bisa digunakan untuk motor sport, sistem RAM Air Scoop juga bisa digunakan untuk motor bebek atau matic. Tentunya, anda harus kreatif untuk menata sistem tersebut


EmoticonEmoticon