Spesifikasi BMW HP4, motor yang diklaim lebih cepat daripada Kawasaki H2 !

Setelah prototypenya sempat muncul di event EICMA pada tahun lalu, BMW Motorrad akhirnya resmi memperkenalkan sportbike kelas wahid yang street legal, BMW HP4. Bagaimana tidak, BMW membekali HP4 race dengan teknologi terkini yang siap membegal pesaingnya seperti Kawasaki H2.


Spesifikasi BMW HP4, motor yang diklaim lebih cepat daripada Kawasaki H2
BMW HP4. Pict from visordown.com
Ya, BMW HP4 adalah motor dengan kasta tertinggi dari BMW yang legal dijalanan. BMW HP4 Race akan berhadapann langsung dengan Kawasaki H2, Yamaha YZF R1M, dan Ducati Superleggera. BMW HP4 terletak satu tingkat lebih tinggi dengan BMW S1000RR yang sering kita dengar. Selain teknologi yang modern, motor ini juga memiliki desain dan tenaga yang wah. Berikut spesifikasi BMW HP4 Race yang telah diperkenalkan oleh BMW Motorrad beberapa waktu yang lalu.

Melihat gambar diatas, BMW HP4 race memiliki desain dan buritan yang agresif bak ikan hiu yang siap menerjang mangsangnya dengan cepat. Adanya 'sisik' di fairing samping yang disertai dengan headlamp yang sipit nan lancip sanggup menguatkan aroma khas ikan hiu.

Baca juga : Penerapan RAM Air Intake membuat motor lebih mogelook dan lebih bertenaga

BMW HP4 Race mengusung mesin 999 cc, 4 tak, DOHC 16 valve, 4 silinder inline. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 215 Hp pada putaran 13.900 rpm dan torsi 120 Nm pada 10.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan.

BMW HP4 Race akan diproduksi secara terbatas. BMW hanya memproduksi 750 unit di seluruh dunia. BMW HP4 Race sepenuhnya dirakit di Berlin, Jerman dengan material velg dan sasis yang terbuat dari serat karbon berkualitas, kuat, namun lebih ringan. Tidak heran mengapa BMW HP4 adalah salah satu motor paling ringan dikelasnya. Bahkan, beratnya tidak jauh berbeda dengan motor sport 250cc dua silinder, yaitu 171 Kg. Bandingkan dengan Kawasaki H2 yang memiliki berat sekitar 238 kg.

Dengan tenaga 215 Hp serta bobot hanya 171 kg, BMW HP4 akan sanggup 'menjegal' Kawasaki H2 dengan superchargernya yang bertenaga 210 namun beratnya mencapai 238kg. Dengan tenaga yang besar ditambah bobot yang ringan, BMW HP4 Race memiliki power to weight ratio handling yang lebih baik daripada kompetitornya. Tidak bisa dibayangkan berapa tenaganya jika BMW HP4 Race dibekali dengan teknologi Supercharger.

Disegi teknologi, BMW Motorrad membekali HP4 race dengan perangkat elektronik canggih seperti engine brake control dan 15 level traction. 4 riding modes dan datalogger yang dapat menampilkan gps dan lap timing. Suspensi depan belakang juga dibesut oleh Ohlins. Shock belakang mengadopsi shock absorber Ohlins TTX 36 GP sedangkan suspensi up side down depan menggunakan FGR 300 yang digunakan diajang World Superbike (WSBK) yang didukung dengan steering damper SD052.

Suspensi ohlins tak lengkap jika tidak didukung dengan sistem pengereman yang aduhai. BMW menyerahkan Brembo GP4-R berkaliper 4 piston cakram berdiameter 320 mm untuk depan, sedangkan dibagian belakang juga dibekali rem berkaliper 4 piston dengan diameter cakram 220 mm.

Sayangnya, BMW Motorrad belum mengumumkan harga untuk pesaing Kawasaki H2 dan Ducati Superleggera tersebut. Yang pasti, kemungkinan besar harganya diatas BMW S1000RR yang telah dikenal oleh pecinta moge tanah air.


EmoticonEmoticon