Ciri ciri aki tekor pada motor yang wajib diketahui

Aki tekor merupakan salah satu momok bagi para pengendara motor terutama motor injeksi yang dimana sistem injeksinya diatur oleh Electronic Control Unit (ECU) dan ECU tersebut memerlukan daya listrik yang cukup agar bisa beroperasi. Bagi para pemilik kendaraan bermotor, merawat kesehatan terutama rutin memeriksa tegangan dan arus aki merupakan hal yang harus dilakukan. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehabisan aki saat ditengah perjalanan.
Gejal aki tekor pada motor yang harus kamu ketahui
gambar dari camargus.com
Perlu kamu ketahui, jika kamu pemilik motor dengan sistem pembakaran injeksi, kamu harus memberikan perhatian ekstra dibagian kelistrikan. Perbeda dengan motor karburator yang masih bisa distater menggunakan kick stater meskipun aki sudah tekor, motor injeksi tidak bisa distater tanpa aki meskipun anda melakukan kick stater sampai banjir keringat sekalipun karena ECU memerlukan daya listrik agar bisa beroperasi. Perlu kamu ketahui, pada motor injeksi ECU bagaikan otak pada manusia.

Hal itu tidak berlaku untuk motor Programmed Fuel Injection (PGM-FI) Honda seperti Honda CB150R yang dibekali dengan bank kapasitor. Bank kapasitor pada Honda CB150R berfungsi untuk menyimpan suplai daya listrik yang dihasilkan dari kick stater. Jadi, buat anda pemilik Honda CB150R tidak perlu khawatir aki tekor karena motor tetap bisa dinyalakan. Meskipun begitu, anda tetap wajib mengisi ulang daya aki atau lebih baik menggantinya dengan aki baru yang sesuai rekomendasi pabrikan karena dikhawatirkan dapat merusak komponen lainnya yang mengandalkan kelistrikan.

Baca juga : Ini gejala busi mau mati

Lalu bagaimana jika motor sport fairing injeksi yang tidak dibekali dengan kick stater atau motor injeksi yang tidak ada bank kapasitornya kehabisan aki? Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Jika memang hal itu terjadi dan anda tidak sendirian, anda bisa meminta tolong teman anda yang akinya masih 'sehat'. Lakukan jumper pada aki untuk 'merangsang' suplai listrik. Namun anda memerlukan kabel jumper untuk melakukannya.

Belakangan ini, Vivan memperkenalkan powerbank berkapasitas 10.000 mAh yang diklaim bisa menjumper aki mobil atau motor. Powerbank itu adalah Vivan JP10. Vivan JP10 sudah include dengan kabel jumper dan kabel pengisian lainnya. Cara penggunaanya mungkin sudah tertera di buku panduannya. Namun disini saya tidak membahas powerbank itu lebih detail karena Vivan tidak punya anggaran untuk membayar admin :D

Jika anda sendirian dan anda tidak punyai powerbank yang bisa menjumper aki, anda harus mempersiapkan tenaga ekstra untuk mendorong motor menuju bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan dan pengisian aki. Mendorong motor ke toko aki juga merupakan langkah yang tepat. Perlu diingat, anda harus menggunakan aki dengan spesifikasi yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan (biasanya 12 volt 2 Ampere). Bacalah buku manual motor anda.

Ciri-ciri aki tekor pada motor sangat bisa dirasakan. Perhatikan nyala lampu pada saat motor dihidupkan. Aki yang mulai menurun menyebabkan nyala lampu yang cenderung redup. Motor sudah dihidupkan menggunakan electric stater, penerangan speedometer menurun, dan lampu sein mulai meredup merupakan tanda-tanda aki yang dayanya mulai menurun. Gunakanlah avometer untuk mengetahui arus dan tegangan pada aki.

Jika tegangannya ternyata dibawah 12 volt, lakukan pengisian ulang aki menggunakan alat yang bisa dipercaya. Namun lebih baik anda menggantinya dengan aki original baru. Untuk mencegah aki yang soak, kenali tanda-tanda aki tekor pada motor dan lakukanlah perawatan. Menyalakan kunci kontak tanpa menstater motor adalah hal yang tidak dianjurkan karena bisa mempercepat aki tekor.

Demikianlah informasi mengenai gejala aki tekor. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon