Bahaya kelebihan dan kurang oli pada motor yang wajib diketahui

Masbro sekalian.. kalian pasti tahukan fungsi oli untuk kendaraan itu apa? Yak.. fungsi utamanya adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen yang bergerak dengan cara melumasinya. Fungsi oli tidak sampai disitu saja. Oli juga berperan dalam menyebarkan panas sehingga suhu mesin tetap stabil. Beberapa jenis oli bahkan bisa membersihkan kerak pada mesin sehingga mesin jadi putih mengkilap.


Bahaya kelebihan dan kurang oli pada motor yang wajib diketahui

Sebelum menuang oli, perhatikan sertifikat oli, viskositas oli, dan kapasitas oli mesin motor anda. Jangan sampai anda menuang oli melebihi kapasitas mesin. Anda juga tidak boleh membiarkan oli motor anda kekurangan. Sebagai contoh, All New Honda CB150R dengan kapasitas oli 1,1 liter. Lalu anda hanya menuang oli kemasan 1 liter. Contoh lain yang tidak boleh ditiru adalah menuang oli 800 ml pada mesin dengan kapasitas oli 1 atau lebih seperti Honda CB150R K15, Yamaha Xabre, Suzuki GSX R150, dll.

Untuk mengetahui volume oli, anda tidak perlu membongkar mesin atau memotret oli dari dalam. Cukup gunakan tisu. Caranya sudah saya jelaskan di artikel Cara memeriksa kondisi oli mesin. Oleh karena itu, saat anda mengganti oli di bengkel resmi maupun bengkel umum, jangan sungkan untuk memberitahu kapasitas oli pada mekanik yang kerap tidak mengetahui kapasitasnya.

Jika sudah terlanjur kelebihan oli, gunakanlah pipet besar dan keluarkan oli perlahan-perlahan. Celupkan dipstick untuk mengetahui volume oli di dalam blok mesin. Jika anda ingin lebih cepat, drain oli yang kelebihan kapasitas, tuang ke wadah pengukur volume benda cair, pastikan volumenya sesuai dengan kapasitas, lalu tuang lagi. Jika kekurangan oli, cukup tambahkan oli yang sama. Jangan lupa untuk menggunakan gelas ukur agar volumenya pas. 

Kok ribet amat sih?? Tinggal tuang gitu ajah beres. Hahaha... efek kelebihan atau kekurangan oli pada mesin motor sangat mengerikan mas bro.. lebih baik ribet nakar daripada ribet turun mesin. Berikut penjelasan efek bahaya oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Efek kelebihan oli mesin motor

Ini kerap terjadi oleh pengguna motor bebek atau matic entry level yang kapasitas olinya 0,8 liter. Lalu mereka membeli oli kemasan 1 liter dan dimasukkan semuanya atau ingin suhu mesinnya tetap stabil saat digunakan touring. Padahal, kelebihan oli akan berakibat pada kinerja mesin dan akan menimbulkan banyak hal. 

Mulai dari tarikan motor yang terasa berat karena terlalu banyak pelumas yang menempel di komponen yang bergerak. Bahkan oli yang kelebihan akan menimbulkan busa dan menghasilkan tekanan berlebih di dalam mesin yang bisa menganggu proses pelumasan. Sela-sela segel oli akan termasuki buih sehingga terjadi keboran dan akan menghasilkan asap putih dari exhaust. Lhaaa.. masak motor 4 tak ngebul. Motor 4 stroke ngebul sangat mungkin terjadi jika kelebihan oli.

Efek kurang oli mesin motor

Kalau yang ini kerap dialami pengguna motor sport 150cc keatas. Karena motor sport 150cc sekarang memiliki kapasitas oli yang 'ganjil' seperti All New Honda CB150R (1,1 liter), Suzuki GSX S150 (1,3 liter), dan masih banyak lagi. Mereka pada umumnya ingin menghemat budget dengan cara hanya membeli 1 pelumas kemasan 1 liter atau mereka yang malas menakarnya.

Kekurangan pelumas akan mengakibatkan komponen yang berputar ribuan kali permenit akan kurang terlindungi dari gesekan. Efeknya, mesin akan lebih berisik, akselerasi berkurang, dan piston cepat rusak. Karena oli yang berfungsi sebagai penstabil suhu mesin, jika kurang oli panas mesinnya akan melebihi batas normal. Dinding silinder juga akan tergores oleh piston. Jika oli dibiarkan berkurang dan motor dipaksakan bekerja, jeroan mesin akan rontok karena komponen tidak terlumasi dengan maksimal.

Hal sepele seperti kurang oli atau kelebihan oli ternyata bisa menimbulkan efek yang mengerikan. Daripada motor turun mesin dan harus 'opname' di bengkel dengan biaya jutaan rupiah, lebih baik selalu merawat dan memperhatikan kesehatan motor terutama pelumas. Padahal pabrikan oli telah menjelaskan berapa volume oli tersebut di dalam kemasan produknya. Untuk meminimalisir penguapan oli dalam mesin, gunakan motor dengan normal. Jangan ngebut-ngebutan karena bisa membahayakan kesehatan mesin dan pengendaranya. Gunakan juga oli mobil atau diesel yang bisa untuk motor agar lebih awet dan mesin jadi kinclong.


EmoticonEmoticon