Harga dan Spesifikasi Honda Rebel 500 2017

Honda CMX Rebel 500 atau biasa disebut dengan Honda Rebel merupakan motor cruier andalan Honda. Motor cruiser andalan pabrikan sayap mengepak ini diluncurkan pada pertengahan bulan November 2016.
Harga dan Spesifikasi Honda Rebel 500 2017
Pict from powersports.honda.com
Pabrikan asal Jepang tersebut sebenarnya meluncurkan dua varian untuk motor ini. Varian lainnya adalah Honda Rebel 300. Perbedaan utama tentu terletak di kubikasi mesin. Namun yang saya bahas kali ini adalah Harga dan Spesifikasi Honda CMX Rebel 500 2017 karena banyak yang penasaran akan tenaga dan fiturnya. 

Disi desain, Honda CMX Rebel 500 ini sekilas mempunyai desain yang mirip dengan moge Harley Davidson. Dan meskipun mengusung desain yang klasik nan gagah, Honda Rebel tetap mempunyai tenaga dan fitur layaknya motor modern. Jika anda mengendarai Honda Rebel dengan pakaian riding yang tepat, anda akan terlihat macho. Motor yang diluncurkan di Amerika Serikat ini memiliki segmen orang dewasa yang menyukai motor cruiser dengan tampilan macho dan terlihat berwibawa. Lampu depan dan speedometer yang bulat seakan mempertegas bahwa Honda Rebel 500 adalah motor klasik meskipun sebagian besar material bodi terbuat dari plastik. Lampu sein dengan mika berwarna orange juga dapat menambah kesan klasik nan retro pada Honda Rebel 500.

Harga dan Spesifikasi KTM Duke 250

Dengan tinggi jok yang hanya 691 mm yang didukung dengan tangki ramping berkapasitas 11,2 liter yang menjulang keatas ditambah stang yang tinggi akan membuat pengendara terlihat 'songong' ketika mengendarai Honda Rebel 500. Disisi samping terlihat mesin yang padat dan rangka yang kokoh. Honda CMX Rebel 500 ini mengusung jok model single seat. Namun jangan khawatir, Honda juga telah mempersiapkan varian Honda CMX 500 yang disertai dengan jok belakang.

Honda Rebel 500 mengusung panel indikator minimalis yang dapat menampilkan odometer, fuelmeter, kecepatan, indikator netral, dan indikator lainnya. Sayangnya, Honda Rebel 500 hadir tanpa indikator posisi gir. Meskipun hal itu bukan sebufah masalah bagi pecinta motor cruiser, absennya indikator posisi gir di motor modern bagaikan smartphone tanpa slot kartu SD. Untuk ukuran moge diatas 400cc, Honda CMX Rebel ini memiliki berat yang cukup ringan. Beratnya hanya 185kg. Dengan berat yang ringan tersebut dan ditambah dengan jok yang sangat pendek, anda akan cukup percaya diri ketika melibas kemacetan.

Di sektor kaki-kaki, Honda membekali CMX Rebel dengan velg casting wheel berdiameter 16 inchi di bagian depan maupun belakang. Di bagian depan, velg tersebut dibalut dengan ban berukuran 130/90 - 16. Sedangkan velg belakang dibalut dengan ban berukuran 150/80 - 16. Suspensi belakang menganut model dual shock sedangkan suspensi depan masih mengandalkan suspensi teleskopik. Kurang lengkap rasanya jika sebuah moge tidak dibekali dengan suspensi up side down. Meskipun masih mengandalkan suspensi teleskopik, nyatanya ukuran suspensi tersebut tidak kalah besar dengan suspensi up side down. Diameternya mencapai 41 mm.
Di segi keamanan, Honda CMX Rebel 500 yang diperkenalkan di Indonesia memiliki dua varian yakni ABS dan non ABS. Kedua varian tersebut sama-sama dibekali dengan rem cakram baik depan maupun belakang. Rem depan didukung hydrauic disc berkaliper 2 piston. Sedangkan dibagian belakang hanya 1 piston. Dengan sistem pengereman yang mumpuni, Honda CMX Rebel 500 ini mempunyai daya pengereman yang cukup bisa diandalkan.

Di bagian dapur pacu, Honda CMX Rebel 500 dibekali dengan dua silinder. Mesin tersebut memiliki konfigurasi parallel-twin DOHC 4 valve persilinder fuel injection. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 45  horse power dan torsi mencapai 44,7 Nm. Tenaga dan torsi besar tersebut tentunya disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan. Untuk kontruksi bore x strokenya yaitu 67 mm x 66,8 mm sehingga Honda Rebel 500 memiliki mesin berkubikasi 471 cc. Meskipun dengan cc dan tenaga yang besar, 

Honda CMX 500 hanya memiliki rasio kompresi 10,7 : 1 yang berarti sanga disarankan minum Pertamax 92. Bandingkan dengan motor diatas 250cc lainnya yang mempunyai rasio kompresi diatas 11 : 1. Dengan rasio kompresi yang rendah tersebut dan mesin yang tidak tertutupi oleh fairing, anda tidak perlu khawatir dengan gejala overheat karena Honda Rebel 500 juga didukung dengan sistem pendingin berupa cairan.

Berikut adalah detail Spesifikasi Honda CMX Rebel 500 yang saya kutip dari laman powersports.honda.com dan semisena.com

Mesin
Tipe471cc liquid-cooled parallel-twin four-stroke
Rasio Kompresi10.7:1
Sistem Bahan BakarPGM-FI
PengapianFull transistorized ignition
LubrikasiDry sump
Sistem Transmisi6-Speed, Chain Drive
Diameter x Langkah67mm x 66.8mm
Dimensi
Jarak Sumbu Roda1491 mm
Tinggi Jok691 mm
Kapasitas Tangki11,2 Liter (2,96 gallon)
Berat185 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan41mm fork; 4.8 inches travel
Suspensi BelakangDual shocks with 3.8 inches travel
Rem DepanHydraulic disc
Rem BelakangHydraulic disc
Ban Depan130/90-16
Ban Belakang150/80-16
Fitur
Kenyamanan Dan KeamananLow seat height
Single seat with optional passenger seat
Light weight
Narrow
Rider Triangle
Superior Handling
Wide rear tire
Die-cast Aluminum rear subframe
Dengan cc yang besar, desain yang macho, dan sistem pengereman yang mumpuni, Honda CMX Rebel 500 dibandrol seharga Rp 147,3 Juta OTR Jakarta. Itulah review, harga, dan spesifikasi Honda CMX Rebel 500 2017. Semoga bermanfaat pak dheee..!


EmoticonEmoticon