Simak Harga dan Spesifikasi Yamaha X-Max ABS 2017

Akhir tahun 2016 sampai 2017 adalah tahun dimana PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) gencar memperkenalkan produk baru guna merusak dominasi penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia. Deretan motor baru mulai dari matic berkapasitas kecil sampai sport moge telah diperkenalkan oleh PT YIMM beberapa waktu yang lalu. Sebut saja dari yang terkecil yaitu Yamaha X-Ride 125, Yamaha Aerox 155, Yamaha Vixion dan Vixion R, Yamaha R15 VVA, Yamaha X-Max, hingga moge Yamaha YZF R6 2017 dan Yamaha MT09 2017. Berikut review, harga, dan spesifikasi Yamaha X-Max 2017.

Simak Harga dan Spesifikasi Yamaha X-Max ABS 2017
pict from yamaha-motor.eu
Sesuai dengan judul, saya hanya akan membahas Yamaha X-Max. Skutik gambot berkapasitas 250cc tersebut sekilas terlihat seperti Yamaha Nmax, namun jika melihatnya secara langsung, banyak perbedaannya. Yang paling mencolok adalah dimensinya. Yah, Yamaha X-Max memiliki dimensi lebih gambot daripada Yamaha Nmax. Lekukannya juga mirip dengan Yamaha Nmax dan tak seagresif Yamaha Aerox 155, namun memiliki desain yang elegan dan premium khas motor Eropa. Dengan desain yang gambot dan elegan, kita bisa melihat segmennya yaitu orang dewasa. 

PT YIMM tentunya mencangkokkan spesifikasi mesin yang mantap. Tak hanya itu saja, Yamaha X-Max akan dibekali dengan fitur-fitur baru yang dapat menunjang kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara. Hal itu juga didukung dengan jok yang lebar nan empuk yang disertai dengan 'penahan' pinggul plus posisi kaki yang bisa selonjor membuat maxi skuter ini sangat mantap untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik atau touring.

Perjalanan jarak jauh semakin nyaman karena didukung dengan kapasitas bagasi yang luas yang dapat menampung dua buah helm full face dan tangki yang mampu menampung bensin hingga 13 liter.  Yang menarik adalah fitur Electronic Power Socker yang dapat mengisi daya gadget sobat saat berpergian. Jika dilihat disisi belakang terdepat stop lamp yang meruncing dari sisi motor, sehingga memberikan kesan tajam. Behel dijok belakang motor juga tak lupa disematkan agar bisa menggeser motor dengan mudah saat berada diparkiran dan bisa digunakan sebagai pegangan boncengers. Lampu LED juga tak lupa dibenamkan di Yamaha X-Max agar bisa memberikan penerangan yang lebih baik, ramah lingkungan serta hemat energi.

Selanjutnya, Yamaha X-Max didukung dengan panel indikator yang dapat memberikan informasi yang lengkap. Speedometernya menganut model semi digital yaitu perpaduan antara analog dan digital. Panel-panel ini mampu menunjukkan informasi yang berguna seperti penunjuk waktu, takometer (rpm) dan informasi dasar lainnya. Agar motor lebih aman dari maling yang nggateli, Yamaha X-Max dibekali dengan sistem smart keyless ignition yang membuat anda bisa mengoperasikan motor tanpa kunci atau kontak. PT YIMM juga tidak lupa menyematkan teknologi blue core di maxi skuter andalannya agar lebih irit bahan bakar.

Maxi skutik bongsor tersebut memiliki dimensi panjang 2.185 mm, tinggi 1.465 mm dan lebar 775 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 1.545 mm. Motor dengan berat isi 179 kg ini memiliki tinggi jok yang cukup bersahabat untuk postur rata-rata orang Indonesia. Tinggi joknya hanya 795 mm. Sehingga anda tetap percaya diri saat berhenti dilampu merah atau melewati kemacetan.

Yamaha X-Max juga dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh. Velg depan berukuran 15 inch dan velg belakang 14 inch terpasang dimotor ini. Untuk velg depan dibalut dengan ban tubeless berukuran 120/70 ring 15, sedangkan velg belakang dibalut dengan ban tubeless berdimensi 140/70 ring 14. Untuk menunjang keselamatan penumpang dan pengemudi, Yamaha X-Max dibekali dengan disc brake baik depan maupun belakang yang ditambah dengan sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Sayangnya, suspensi depannya masih mengandalkan teleskopik.

Untuk urusan dapur pacu, PT YIMM mempercayakan mesin 4 langkah 249 cc berpendingin cairan. Guna memperoleh torsi yang nampol, Yamaha X-Max menggunakan teknologi SOHC 4 klep silinder tunggal. Untuk ukuran matic, Yamaha X-Max mampu menyemburkan tenaga dan torsi yang besar dikelasnya yaitu kisar 22,85 Ps pada 7000 rpm dan torsinya mencapai 24,3 Nm pada putaran 5500 rpm. Torsi nampol tersebut didapatkan berkat konfigurasi mesin 1 silinder plus dukungan teknologi single overhead camshaft (SOHC). Tenaga dan torsi nampol tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis. Oiya, kapasitas silinder 249,8cc pada Yamaha X-Max mempunyai kontruksi diameter 70 mm x langkah 64,9 mm.

Berikut spesifikasi detail Yamaha X-Max 250 yang saya dapatkan dari website resmi Yamaha Indonesia


Mesin
TIPE MESIN :   Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
JUMLAH / POSISI SILINDER :     Single Cylinder
DIAMETER X LANGKAH : 70,0 x 64,9 mm
RASIO KOMPRESI : 10.5±0.4 : 1
DAYA MAKSIMUM :      16,8 Kw (22,85 Ps)/7000rpm
TORSI MAKSIMUM :      24,3 Nm/5500rpm
SISTEM STARTER :       Electric Starter
SISTEM PELUMASAN :         Wet Sump
KAPASITAS OLI MESIN :       Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L
SISTEM BAHAN BAKAR :      Fuel Injection
TIPE KOPLING :        Single Dry Clutch
TIPE TRANSMISI :      Full Automatic

Dimensi
P X L X T : 2185mm X 775mm X 1465
JARAK SUMBU RODA :  1540mm
JARAK TERENDAH KE TANAH : 135mm
TINGGI TEMPAT DUDUK : 795mm
BERAT ISI : 179 KG
KAPASITAS TANGKI BENSIN : 13 Liter

Rangka
TIPE RANGKA : Underbone
SUSPENSI DEPAN :      Teleskopik
SUSPENSI BELAKANG : Unit Swing
BAN DEPAN :  120/70-15M/C 56P
BAN BELAKANG :          140/70-14M/C 62P
Rem Depan :        Disc Brake
REM BELAKANG :          Disc Brake

Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN :    TCI
BATTERY :       GTZ8V

TIPE BUSI :      LMAR8A-9

Yamaha X-Max 250 ABS dibanderol dengan harga Rp. 55 Juta OTR Jakarta. Harganya cukup sebanding dengan performa mesin, desain, kenyamanan, keamanan, dan fitur-fitur yang diberikannya.


EmoticonEmoticon