Ini dia Kelebihan dan Kekurangan Suzuki GSX R150

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Keunggulan dan Kelemahan Suzuki GSX R150. Yap... Suzuki GSX R150 merupakan motor sport fairing 150cc andalan Suzuki yang telah diperkenalkan pada akhir tahun 2016. Tujuan Suzuki meluncurkan GSX R150 tidak lain adalah untuk mendongkrak nama & penjualan mereka setelah nama Suzuki Satria tidak mampu menjadi tulang punggung Suzuki disegmen under 250cc. 

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki GSX R150
Add caption

Seperti yang kalian ketahui, kehadiran Suzuki GSX R150 direspon dengan baik oleh para pecinta otomotif khususnya roda dua. Hal itu dikarenakan Suzuki GSX R150 memiliki keunggulan dari segi desain yang cukup agresif namun tetap elegan dan tentunya sangat racy dengan stang underyoke serta tenaga mesin hingga 19 Ps! Kehadiran Suzuki GSX R150 dan GSX S150 merupakan tanda kebangkitan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang belakang ini penjualannya dibawah PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Suzuki GSX R150 akan langsung berhadapan dengan All New Honda CBR150R dan All New Yamaha YZF R15 VVA. Namun, disini saya hanya akan membahas Suzuki GSX R150 saja, yaitu disektor Kelebihan dan Kekurangan Suzuki GSX R150.

Mari kita membahas kelebihan Suzuki GSX R150 terlebih dahulu.

1. Dibekali fitur Keyless
Suzuki GSX R150 merupakan motor kecil pertama ditanah air yang telah dibekali teknologi Keyless. Teknologi ini dapat memberikan pengamanan ekstra dari maling yang nggateli saat motor ditinggal oleh pemiliknya. Dengan teknologi ini, anda tidak memerlukan anak kunci untuk memulai mengoperasikan motor. Hanya dengan remote yang cukup dimasukkan kedalam saku, dan motorpun bisa digunakan. Oiya, supaya motor bisa dinyalakan, jarak antara remote dengan motor maksimal 1 meter. Setiap remote di Suzuki GSX R150 dibekali dengan nomer ID, sehingga anda tetap bisa mengoperasikan motor dikala remotnya hilang dengan cara menginputkan nomor ID ke sang kuda besi. Untuk melakukan hal ini, anda perlu bantuan dari mekanik Suzuki.

2. Mudah distater dengan Suzuki Easy Start System
Teknologi Suzuki Easy Start System dapat memudahkan anda untuk menyalakan mesin sang fairing. Hanya tinggal pencet tombol stater sekali tanpa puntir gas, motorpun bisa menyala dan siap untuk menemani perjalanan anda. Perlu diingat bahwa Suzuki GSX R150 tidak dibekali dengan Kick stater layaknya motor fairing modern lainnya karena dapat mengurangi kesan sporty.

3. Performa mesin yang mantap
Dibekali dengan mesin DOHC 4 klep 1 silinder berkapasitas 147,3 cc berpendingin cairan, Suzuki GSX R150 diklaim memiliki tenaga hingga 19,2 Ps pada putaran 10.500 rpm dan didukung dengan torsi besar hingga 14 Nm pada putaran 9.000 rpm. Tenaga tersebut cukup imbang jika head to head dengan All New Yamaha R15. Dan meskipun torsi puncaknya berada dibawah Yamaha R15 VVA, torsi Suzuki GSX R150 tetap saya katakan besar mengingat kontruksi mesin Suzuki GSX R150 adalah DOHC + overbore

4. Berat paling ringan dikelasnya
Tenaga dan torsi besar yang dipadukan dengan berat yang ringan akan didapatkan motor yang kencang. Yah.. beratnya hanya 131kg bro sis! Entah apa material yang digunakannya, yang pasti beratnya sangat ringan untuk ukuran motor sport fairing 150cc. Dengan begitu, Suzuki GSX R150 memiliki power to weight ratio yang sangat baik. Selain power to weight ratio yang baik, dengan bobot ringan Suzuki GSX R150 dapat dikendalikan dengan mudah dan tidak terlalu susah saat menggeser motor diparkiran.

5. Desain yang racy
Lekukan fairing yang sangat aerodinamis membuat motor ini memiliki kesan racy yang begitu kental. Kesan tersebut juga didukung dengan hadirnya stang underyoke bak motor balap. Jika diperhatikan dengan baik, menurut saya desain lekukan Suzuki GSX R150 mirip dengan motor balap di Moto3. Dengan desain yang seperti ini akan membuat orang lain menganggap Suzuki GSX R150 adalah motor kencang 250cc. Hal itu juga didukung dengan hadirnya 2 lubang exhaust.

6. Filter radiator yang cukup besar
Mesin berperforma tinggi memerlukan sistem pendingin yang baik. Pendingin cairan saja tidak cukup untuk menjaga suhu mesin karena mesin yang tertutup oleh fairing. Oleh karena itu, PT SIS membekali dengan filter radiator yang sangat besar guna mendapatkan angin segar lebih banyak saat motor melaju kencang. 

7. Harga paling murah dikelasnya
Soal harga memang menjadi pertimbangan masyarakat saat hendak membeli motor baru. Harga murah dipadukan dengan produk berkualitas dan memiliki banyak keunggulan merupakan keinginan setiap orang ketika hendak membeli sebuah barang. PT SIS nampaknya sangat paham akan hal tersebut. Oleh karena itu, Suzuki GSX R150 dengan berbagai keunggulan memiliki harga termurah dikelasnya. Harganya 'hanya' Rp 27,9 Juta OTR Jakarta saja. Meskipun itu merupakan harga promo, nyatanya pihak Suzuki terus memperpanjang masa promo tersebut.

Itulah keleihan Suzuki GSX R150 yang siap berhadapan dengan kompetitornya. Tentunya, masih banyak lagi keunggulannya seperti speedometer full digital, lampu LED, tersedia banyak aksesoris pendukung, dan masih banyak lagi. Nah, setelah membahas kelebihan Suzuki GSX R150, tidak adil rasanya jika tidak membahas kekurangan Suzuki GSX R150.

1. Desain headlamp yang tidak saya sukai
Sebelumnya saya jelaskan bahwa soal desain itu selera dan saya kurang sreg dengan headlamp Suzuki GSX R150 yang hanya 1. Admin otoholic.net lebih menyukai 2 headlamp yang sipit-sipit dan agresif layaknya Yamaha R1M, Yamaha MX King, Honda CBR150R, Honda CBR250RR, dan lain-lain.

2. Jok yang keras
Motor 150cc masih sering digunakan untuk harian yang membutuhkan kenyamanan. Oleh karena itu, akan lebih baik lagi jika Suzuki GSX R150 dibekali dengan jok yang lebih empuk agar tetap nyaman berada diatas sang fairing.

3. Jok penumpang yang terlalu tinggi
Meskipun motor fairing yang membutuhkan kesan spory yang tinggi, akan lebih baik lagi jika jarak antara jok rider dan boncengers tidak terlalu tinggi. Lihatlah Honda CBR250RR yang jarak tinggi jok penumpangnya yang tidak terlalu jauh dengan rider namun tetap sporty dan agresif. Hal ini akan membuat penumpung sedikit takut saat dibonceng apalagi tenaga mesinnya yang besar dikelasnya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Suzuki GSX-R150 versi otoholic.net. Disini saya tekankan bahwa, setiap orang memiliki versi kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Bisa jadi kekurangan diatas merupakan kelebihan bagi orang lain atau sebaliknya. Saya tegaskan lagi bahwa, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dan yang terpenting adalah SALAM SATU ASPAL & PATUHI RAMBU LALU LINTAS!


EmoticonEmoticon