8 Penyebab Motor Mogok yang wajib anda ketahui

Keadaan dimana tiba-tiba kendaraan motor mati secara mendadak saat sedang berjalan da susah dihidupkan atau biasa disebut dengan mogok merupakan salah satu momok bagi para pengendara kendaraan bermotor. Apalagi tidak semua pemilik motor paham akan mesin dan letak bengkel yang jauh sehingga harus mendorong atau meminta bantuan teman untuk 'menggiring' motor menuju bengkel terdekat seperti pada gambar dibawah ini yang saya dapatkan melalui indonesiaautoblog.com


8 Penyebab Motor Mogok yang wajib anda ketahui

Untuk mengatasi motor mogok, anda tenangkan pikiran anda. Jangan terlalu panik karena anda tidak akan bisa berfikir jernih untuk mengetahui penyebab motor mogok. Oleh karena itu, anda bisa kok mengatasinya sendiri dengan mengetahui 7 penyebab motor mogok dibawah ini. Baca juga : Ini penyebab mengapa oli bau bensin

1. Kehabisan bahan bakar
Untuk poin pertama ini pasti tau laaahh alasannya kenapa bisa menyebabkan motor mogok. Jadi saya tidak perlu menjelaskan lebih mengenai poin pertama ini. Jadi, jika motor anda tiba-tiba mati, periksalah tanki bahan bakar barangkali kosong.

2. Filter Udara kotor
Sesuai namanya, filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang kotor sehingga didapatkan udara yang lebih bersih untuk membantu memproses pembakaran dalam ruang bakar lebih baik. Jika tidak ada filter udara, udara yang telah terkontaminasi dengan debu dan kotoran lainnya akan mengotori injektor dan menghambat proses pembakaran bahkan bisa merusak injektor dan fuelpump. 

Selain itu, kotoran tersebut berpeluang masuk kedalam ruang bakar. Nah, jika filter udaranya terpasang namun sangat kotor, maka akan menghambat penyaringan udara akibat menumpuknya kotoran yang menutupi pori-pori filter udara. Hal ini akan menghambat proses pembakaran sehingga kemungkinan besar motor akan mogok.

3. Setelan klep/katup/valve tidak tepat
Valve atau klep adalah suatu komponen mesin yang terpasang pada kepala silinder dan bersifat dinamis. Komponen ini berfungsi untuk membuka dan menutup pintu saluran masuk gas baru dari karburator ke ruang bakar dan silinder.

Salah satu penyebab motor mogok adalah setelan klep yang kurang tepat. Setelan katup yang terlalu rapat akan menghilangkan celah dan akibatnya mesin cepat panas sehingga akselerasi menurun. Pengaturan valve yang tepat adalah yang renggang sehingga terdapat celah dan suhu mesin tetap normal.

4. Mesin overheat
Mesin yang menerima suhu tidak sewajarnya akan mengurangi performa motor, bahan bakar lebih boros dan tentunya bisa mengakibatkan mogok karena sistem pembakaran dan gesekan yang terjadi antara liner boring dan piston kurang baik. Akibatnya piston memuai dan liner boring menjadi macet. Untuk mencegah hal ini, selalu gunakanlah oli dengan spesifikasi yang sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi air radiator.

5. Sirkulasi oli tersumbat
Oli perperan vital dalam melumasi antar komponen dan menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Nah jika sirkulasi oli berjalan tidak semestinya, mesin akan mengalami kerusakan karena beberapa komponen tidak mendapat pelumasan alhasil mesin jadi kepanasan.
Cara mudah periksa kondisi oli motor

6. Hilangnya pengapian
Adanya pengapian merupakan salah satu syarat agar motor bisa distater. Pengapian ini berfungsi untuk membakar bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar (wkwkwk bakar bakar bakar :v). Proses pengapian yang tidak bekerja dengan baik akan mengakibatkan motor tidak bisa distater. Periksalah beberapa komponen yang terkait dengan masalah pengapian seperti koil, spul, busi, dan CDI.

7. Loss Kompresi
Loss Kompresi merupakan salah satu penyebab motor mogok. Untuk mengecek kompresi motor, buka busi motor anda, tutuplah lubang busi dengan jari telunjuk anda, lalu lakukan kick stater. Jika anda merasakan adanya tekanan kompresi yang kuat, berarti kompresi pada motor anda masih aman. Namun jika tekanan terasa lemah, motor anda positif loss kompresi. Kompresi lemah disebabkan oleh beberapa hal seperti setingan klep yang terlalu rapat, bagian klep ada yang bocor, dan ring piston lemah/

8. Lubang ventilasi pada tutup tanki tersumbat
Tutup tanki bahan bakar didesain sedemikian rupa agar mempunyai 'ventilasi' udara. Hal ini bertujuan agar bahan bakar bisa turun menuju ruang bakar. JIka lubang ventilasi tersebut tersumbat, maka bahan bakar akan susah turun. Pernahkah anda mencoba mencelupkan sedotan aqua kedalam air dan menutup bagian atas sedotan lalu mengangkat sedotan tersebut? Pasti air tidak akan tumpah meskipun bagian bawah sedotan bolong. Nah, jika bahan bakar tidak 'turun' maka motor akan mati mendadak dan susah dihidupkan.

Itulah 8 dari sekian banyak penyebab motor mogok yang perlu anda ketahui. Jadi, jika motor anda mogok, jangan langsung 'mengkambing hitamkan' aki sebagai penyebab motor mogok. Ada banyak penyebabnya. Oleh karena itu, servislah secara rutin motor anda ke bengkel resmi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan performa motor tetap terjaga.
Latest


EmoticonEmoticon