Ini cara aman menggunakan motor matic saat turunan

Hampir setiap rumah di Indonesia terdapat paling tidak 1 motor matic. Hal itu dikarenakan banyaknya peminat motor matic di tanah air. Banyaknya peminat tersebut juga dibuktikan saat kita sedang mengendarai motor, kita pasti sering menemui motor matic dari little scoot sampai big scoot.

Jangan asal! Ini cara aman menggunakan motor matic saat turunan
sumber gambar: indonesiautosblog.com
Kesalahan yang sering dilakukan pengguna motor matic di Indonesia adalah, mereka asal gas-rem begitu saja tanpa memperhatikan aspek keamanan dan keawetan motor, terutama disaat melewati turunan yang cukup curam.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat turunan seperti rem blog dan sebagainya, praktekkan hal-hal dibawah ini.

1. Jangan sampai melepas gas.
Melepas alias mengosongkan gas disaat turunan yang tajam sangatlah berbahaya, apalagi motor matic sistem transmisinya adalah otomatis, sehingga motor anda akan susah dikendalikan disaat gas kosong dan melawati turunan tajam. 

Baca juga: ini cara rawat motor matic agar awet

Disaat melewati turunan, kecepatan yang dianjurkan adalah kurang lebih 5-10km. Anda boleh saja mengosongkan gas dengan syarat turunan tidak terlalu tajam, lurus, dan keadaan sepi serta tetap fokus dan berhati-hati ya boskuuu..

2. Beberapa jari anda harus stay di handle rem.
Ini sangat dianjurkan saat melewati jalan naik-turun. Memposisikan jari anda di handle rem bertujuan agar reflek anda tidak terlambat ketika melewati turunan secara tiba-tiba. Seluruh jari kecuali jempol stay di handle rem untuk bagian kiri, sedangkan jari tunjuk dan jari tengah stay di tuas rem untuk bagian kanan.

3. Utamakan rem depan daripada rem belakang.
Memprioritaskan rem depan bukan berarti anda harus menekan tuas rem depan tanpa memperhatikan rem belakang. Yang dimaksud disini adalah, penekanan pada tuas rem depan sedikit lebih keras daripada rem belakang, karena roda depan menerima beban lebih berat saat turunan daripada roda belakang. 

Jika anda lebih memprioritaskan rem belakang saat turunan, maka kemungkinan terperesetnya akan lebih tinggi.

Baca : Harga dan Spesifikasi Suzuki Nex FI 2017, matic paling irit!

4. Jangan menahan handle rem secara terus menerus.
Inilah kesalahan fatal pengakibat rem blog yang pernah saya jumpai. Janganlah agan-agan sekalian menahan rem secara terus-menerus disaat turunan karena bisa mengakibatkan lelehnya kampas rem akibat gesekan yang tinggi.

Jadi sebaiknya anda harus menekan tuas rem secara bergantian dalam durasi waktu beberapa detik. Misal : Tekan tuas rem depan lalu belakang, dan seterusnya secara bergantian agar mengurangi gesekan pada kampas rem terhadap disc brake.

5. BERDOA!!!
Well,,, inilah yang paling utama guys.. dimanapun kita berada kita wajib berdoa dan selalu mengingat sang pencipta.

Nah, itulah beberapa tips bagi pengguna motor matic saat melewati turunan. Meskipun anda sudah melakukan semua tips diatas tapi motor jarang dirawat, yaa percuma. Jadi rajin-rajinlah merawat motor anda sesuai dengan panduan dari pabriknya.

Comments