Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur dan Cara Mencegahnya

Bagi para pemilik kendaraan bermotor tentu sudah tahu mengenai fungsi dari rantai motor, yaitu penghubung gir yang ada di dalam blok mesin dengan roda belakang sehingga roda belakang bisa berputar. Mengingat fungsi vitalnya tersebut, anda wajib mengetahui akibat apabila rantai motor terlalu kendor atau terlalu kencang.


Penyebab Rantai Motor Cepat Kendor dan Cara Mencegahnya
Kondisi rantai motor Honda CB150R K15.

Ketika saya memperhatikan kondisi rantai pada motor saya yang ternyata sedikit kendor, saya sebenarnya agak gelisah dan memikirkan apa sih penyebab rantai motor saya yang sering kendur. Salah satu penyebabnya ternyata riding style saya yang kurang bagus alias sering betot gas mendadak (Jangan ditiru ya boskuu). 


Selain rantai yang jadi cepat kendur, betot gas secara ngawur dan mendadak juga mengakibatkan mesin menjadi tidak awet, boros bensin, dan sebagainya. Oke, itu merupakan salah satu penyebabnya. Masih ada beberapa penyebab mengapa rantai motor cepat kendor.

1. Beban Berlebihan
Motor adalah kendaraan roda dua yang dikhususkan untuk mengankut maksimal 2 orang saja. Sobat sangat tidak direkomendasikan berboncengan lebih dari 2 orang atau membawa barang bawaan yang terlalu berat. Selain bisa menyebabkan rantai cepat kendor atau bahkan putus, hal tersebut juga sangat membahayakan keselamatan bosku sekalian.

2. Gaya Berkendara
Gaya berkendara yang baik dan halus akan membuat anda lebih aman dan motor juga tetap 'sehat' terutama bagian rantai. Sama seperti membawa beban berlebihan, riding Style yang ngawur seperti suka ngebut-ngebutan, suka bleyer, sering rem mendadak, oper gigi yang tidak pas, dan sebagainya juga akan membahayakan keselamatan sobat dan menyebabkan kendornya rantai dengan cepat.


3. Perawatan Rantai yang Salah
Rantai adalah salah satu komponen yang wajib diperhatikan kondisinya. Oleh karena itu, dalam perawatan rantai tidak boleh ngawur. Melumasi rantai dengan oli bekas merupakan salah satu contoh perawatan rantai yang kliru. Memotong mata rantai jika sudah terlalu kendor sangatlah tidak direkomendasikan karena lebih riskan dan dapat mempengaruhi kinerja gir motor.

4. Medan Extreme
Motor anda khusus jalan aspal? Jangan terlalu sering mengendarai di jalan yang terjal seperti bebatuan karena medan yang terjal akan membuat rantai motor sering tersontak-sontak sehingga akan cepat kendor. Jika anda memang terpaksa sering melalui jalan ekstrem, maka gunakanlah ban semi tahu serta aturlah kekencangan rantai yang sekiranya sesuai dengan kondisi jalan.


Setelah mengetahui berbagai penyebab rantai kendor diatas, ada baiknya anda membaca cara mengatasi dan mencegah rantai kendor berikut ini.
  1. Selalu lumasi rantai dengan pelumas khusus rantai karena mempunyai formula khusus yang dapat melindungi lapisan rantai. Jika terpaksa, anda bisa menggunakan minyak goreng sebagai pelumas rantai. Namun jika menggunakan minyak goreng anda harus lebih sering mengecek dan melumasinya karena daya tempel yang lebih rendah.
  2. Jika rantai motor sudah dipenuhi dengan noda-noda hitam, anda harus mencucinya dengan sikat gigi bekas dan spray khusus untuk membersihkan rantai, lalu bilas dengan air mengalir.
  3. Selalu usahakan untuk berkendara dengan santai dan berhati-hati. Selain membuat rantai motor jadi awet, hal ini bisa meningkatkan keselamatan anda.
  4. Selalu periksa kekencangan rantai motor. Jika terasa kendor, anda bisa mengatur kekencangan rantai motor dengan gerak bebas biasanya sekitar 2,5 cm. Gerak bebas rantai yang diekomendasikan pada setiap motor berbeda-beda. Oleh karena itu, bacalah buku pedoman motor masing-masing.
  5. Sebisa mungkin hindari medan ekstrim.
Itulah penyebab dan tips cara mengatasi rantai kendor. Jika rantai kendor, rantai tersebut bisa berpotensi terlepas dari gir, sedangkan rantai yang terlalu kencang kemungkinan putusnya sangat besar. Apabila anda sudah merawat rantai motor dengan baik namun tetap sering kendor, belilah gear set yang tersedia di dealer resmi masing-masing.


Comments