Alasan Mengapa Motor 2 Tak Identik Dengan Asap

Pada zaman modern ini, produsen tidak lagi memproduksi motor 2-tak karena regulasi pemerintah yang mengharuskan produsen untuk mencapai minimal Euro III dalam hal uji emisi. Seperti yang kita tau, motor 2-Tak sangat tidak ramah lingkungan karena asap yang dikeluarkan sangat banyak.


Alasan Mengapa Motor 2 Tak Identik Dengan Asap
Motor balap zaman old. /newatlas.com

Jika kita sedang berhenti di lampu merah, dan di depan anda ada motor 2-Tak yang asapny menggebul pasti tidak nyaman bukan. Apalagi jika ridernya suka 'bleyer-bleyer'.

Namun apa kalian tau, mengapa motor 2 tak identik dengan banyak asap putih? Salah satu faktor mengapa mesin 2-Tak mengeluarkan banyak asap ternyata karakter mesin 'zaman old' tersebut. Menurut Isadat Salam, selaku Technical and Training Service Engineer Motul Indonesia menurutkan bahwa "mesin 2-Tak dirancang untuk membakar habis oli di ruang pembakaran."

Baca juga : Rantai Motor Cepat Kendur? Ini Penyebabnya

"2-Tak itu total loss, artinya oli pasti habis. Oli di 2-Tak harus mudah terbakar karena spek mesinnya memang seperti itu," tutur Isadat Salam. Oli motor 4-Tak tidak bisa digunakan untuk motor 2-Tak atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan karakter kerja mesin yang berbeda.

Menurut Jaji selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Depok "Motor 2-tak memerlukan oli samping untuk pelumasan komponen mesin seperti piston, ring piston, kruk as, bearing kruk as. Oli ini ikut terbakar di ruang bakar,"

Oli samping yang ikut terbakar tentu menghasilkan asap yang nantinya akan dikeluarkan melalui lubang knalpot.

Oli motor 2-Tak diformulasikan khusus mesin 2-Tak karena mudah terbakar, sedangkan oli untuk 4-Tak dirancang tidak mudah terbakar.

Jadi, jangan heran kalau didepan anda ada motor berisik dan berasap. Jangan beranggapan bahwa motor itu 'tidak sehat'. Memang karakternya mesin 2 Tak yang berasap.

Comments