Pilih Motor trail 150cc Kawasaki, Honda, atau Yamaha ?

Motor Trail Terbaik - Melewati meda ekstrim menggunakan motor trail atau motor cross bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Tapi menariknya, banyak yang bukan penghobi melewati jalanan terjal namun memiliki motor trail seperti Kawasaki KLX 150 dan mereka menggunakannya di jalannan aspal.

Kawasaki KLX dan Honda CRF via rideexpeditions.com
Harga motor trail juga cukup beragam. Mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. tergantung kualitas, fitur yang ditawarkan, performa, dll. Jika berbicara mengenai motor trail, Kawasaki KLX 150 pasti muncul di benak pikiran sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan pasar otomotif roda dua khususnya motor trail dengan volume silinder 150cc, brand Kawasaki lah yang paling dikenal dengan Kawasaki KLX seriesnya. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan kompetitor lain seperti Kawasaki dan Honda turut meramaikan pasar persaingan. 

Bahkan perusahaan otomotif asal Indonesia, Viar juga memiliki motor trail yang tak kalah bagusnya dengan Kawasaki KLX, yaitu Viar Cross. Namun sayangnya penjualan dan popularitas Viar Cross tidak setenar motor trail andalan 'geng ijo' tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, PT AHM telah memperkenalkan motor trailnya di Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Disinyalir produk tersebut adalah Honda CRF150L yang hadir dengan spesifikasi menggiurkan.

Honda CRF150L hadir dengan kubikasi mesin 149 cc single cylinder dengan konfigurasi SOHC 4 langkah 2 valve berpendingin cairan. Mesin ini memiliki diameter x langkah 57,3mm x 57,8mm dengan 5 percepatan. Honda CRF150L dibekali dengan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit.
BACA: Spesifikasi lebih lengkap mengenai Honda CRF150L.

Harga Honda CRF150L wilayah Jakarta : Rp. 32,955 Juta,-

Motor Trail Kawasaki KLX150

Berbicara mengenai rajanya pasar motor trail tanah air, Kawasaki memiliki Kawasaki KLX150BF dan KLX150BF SE yang merupakan varian terbaru.

Seri Kawasaki KLX150BF mengandalkan mesin SOHC 4 tak 2 valve berkapasitas 144 cc. Mesin dengan diameter x langkah 58 x 54,4 mm tersebut mampu menyemburkan tenaga sekitar 11,5 tenaga kuda pada putaran 8.000 RPM dan torsi 11,3 NM pada 6.500 RPM.

Meskipun telah menggunakan suspensi depan up side down, Kawasaki KLX150BF masih mengandalakan sistem pembakaran karburator sehingga konsumsi bahan bakar lebih boros daripada teknologi injeksi.

Harga Kawasaki KLX150BF : Rp. 30,9 Juta,- OTR Jabodetabekser
Harga Kawasaki KLX150BF SE : Rp. 32,5 Juta,- OTR Jabodatebser

Motor Trail Yamaha

Sementara itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum memperkenalkan motor trailnya di tanah air. Namun, Yamaha memiliki line up motor trail yang beredar dipasaran Eropa, yaitu Yamaha WR125X dan Yamaha WR125R.

Kawasaki Versys X250 vs Honda CRF250 Rally vs Suzuki V-Strom 250, mana yang terbaik?

Kedua motor trail keluaran pabrikan garpu tala tersebut mempunyai dimensi yang lebih bongsor daripada Kawasaki KLX150. Hal ini wajar menginat postur tubuh orang Eropa cenderung lebih tinggi daripada orang Asia khususnya yang beriklim tropis.

Meskipun menggunakan kubikasi mesin hanya 125cc, tenaganya tidak bisa diragukan lagi. Yamaha WR125 mampu menyemburkan tenaga hingga 14,7 tenaga kuda. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 yang hanya  11,5 tenaga kuda.

Untuk motor trail Yamaha rasanya tidak perlu dibahas lebih detail mengingat motor ini belum resmi rilis di Indonesia

Comments