Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Moge

Tips Sebelum Membeli Moge - Moge atau motor gede merupakan motor dengan kapasitas volume silinder yang besar. Di Indonesia, keinginan masyarakat untuk membeli moge baik yang baru maupun bekas atau second cukup besar. Apalagi dengan memiliki moge akan meningkatkan status sosial di mata masyarakat dan tentunya memiliki gengsi tersendiri Kondisi inilah yang membuat para produsen moto berbondong-bondong membawa moge ke Indonesia.

Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Moge
Big Bike Honda via kabaroto.com
Nah, sebelum anda tertarik membeli moge atau big bike, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Jangan sampai anda menyesal setelah anda meminang semua barang apalagi yang harganya mencapai ratusan juta selain itu, big bike yang hendak anda beli akan menjadi penunjang aktivitas anda.

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika membeli moge adalah menentukan tujuan membeli moge. Apakah moge yang akan kita beli untuk hobi, untuk pemakaian sehari-hari untuk touring, atau untuk ngebut-ngebutan di sirkuit. 
Daftar Harga Moge 100 Jutaan

Jika anda membeli moge untuk hobi, anda carilah moge yang bodinya mulus. Jika untuk keperluan sehari-hari anda perlu moge yang ringan, lincah, dan tidak tetap bisa digunakan di kemacetan. Jika untuk touring, anda membutuhkan moge yang mempunyai tingkat kenyamanan dan kapasitas bahan bakar yang besar seperti Yamaha TMAX atau Kawasaki Versys 650. Dan jika anda membutuhkan moge untuk balapan atau ngebut-ngebutan di sirkuit carilah moge berfairing dengan jumlah silinder yang lebih banyak seperti Yamaha R6, Honda CBR600RR, atau Kawasaki Ninja 650.  

Ingat, meskipun moge atau bukan, jangan ngebut-ngebutan di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Yang kedua, ukurlah kemampuan anda. Untuk pemula yang ingin menjajal moge, belilah moge dengan kapasitas silinder, ukuran dan berat motor yang tidak terlalu besar. Sebaiknya, anda jangan terlalu pede ingin memiliki moge 600cc keatas apalagi jika sehari-hari anda hanya menaiki motor maksimal 150cc. Selain itu, moge juga memiliki tinggi jok yang bisa membuat sebagian orang Indonesia menjinjit.

Surat Izin Mengemudi kendaraan bermotor roda dua sendiri juga dibagi menjadi 3 yang berdasarkan volume silinder, yaitu SIM C untuk motor 250cc kebawah, SIM C1 untuk 250-500cc , dan SIM C2 untuk 500cc keatas. 

Selain mengukur kemampuan mengendarai motor, anda juga harus tau kesanggupan anda dalam merawat moge. Karena perawatan moge tidaklah segampang dan semurah motor kecil pada umumnya.

Yang ketiga juga tak kalah penting yaitu carilah referensi mengenai moge yang hendak anda beli. Anda bisa mencarinya melalui forum, browsing google, atau tanya teman. Jangan mudah terpincut dengan moge jika anda hanya mengetahui spesifikasi umumnya saja. Misal anda ingin membeli moge Honda CMX Rebel 500, anda harus mengetahui detail spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya, serta biaya perawatan. 

Bila perlu, anda bisa meminjam milik teman anda agar bisa mengetahui feelnya secara langsung. Jangan sampai anda sudah membeli moge A, namun ketika melihat moge B dalam hati "Kok saya menyesal ya punya Moge A, jadi pingin beli moge B." Pastikan anda tidak akan menyesal ketika sudah memilikinya.

Keempat, perhatikan konsumsi bahan bakar. Meskipun sebagian besar pemilik moge tidak terlalu mempedulikan konsumsi bahan bakar, ada baiknya anda perlu mempedulikan kondisi lingkungan, karena BBM merupakan sumber daya alam terbatas.

Yang kelima juga sangatlah penting karena menyangkut dunia akhirat. Sebelum membeli moge, perhatikan saudara disekitar anda. Apakah mereka ada yang hidup pas-pasan atau ada saudara yang kurang mampu, seharusnya anda menyisihkan sebagian rezeki anda untuk orang-orang yang lebih membutuhkan. 

Jika anda mampu membeli moge dan sanggup bersedekah untuk saudara yang kesusahan, maka tidak ada masalah. Namun jika anda hanya mementingkan hobi atau kebutuhan pribadi tanpa mempertimbangkan orang sekitar, anda harus berfikir 2x ketika hendak membeli moge. Karena kesenangan dunia hanya sementara :-)


Comments